Sabtu, 04 November 2017

CARA EFEKTIF MEMBERANTAS PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN NARKOTIKA DIKALANGAN REMAJA


CARA EFEKTIF MEMBERANTAS PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN NARKOTIKA DIKALANGAN REMAJA
Oleh : Adit Sapari


Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di Indonesia telah mencapai tingkat darurat narkoba, Narkoba tidak lagi mengenal batas usia, strata sosial, ekonomi maupun tingkat pendidikan. Sampai saat ini tingkat peredaran narkoba sudah merambah pada berbagai level. tua, muda, remaja bahkan anak–anak ada yang menjadi penyalahguna dan pengedar gelap Narkoba. Diperkirakan penyalahgunaan narkoba dari 250 juta penduduk di Indonesia mencapai 2,2% atau 4,09 juta. Angka tersebut didapat dari hasil penelitian yang dilakukan Pusat penelitian Ilmu Pengetahun dan Teknologi bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Peredaran gelap Narkoba di Indonesia pun sangat mengkhawatirkan. Diperkirakan penyalahgunaan narkoba dari 250 juta penduduk di Indonesia mencapai 2,2% atau 4,09 juta. Angka tersebut didapat dari hasil penelitian yang dilakukan Pusat penelitian Ilmu Pengetahun dan Teknologi bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Peredaran gelap Narkoba di Indonesia pun sangat mengkhawatirkan.  Narkoba tidak hanya beredar di kota – kota besar di Indonesia, tetapi juga sudah merambah sampai ke pelosok desa.
Hampir setiap hari kita melihat, mendengar atau membaca berita tentang penangkapan Narkoba. Baik media dalam Negeri, maupun luar negeri. Dan hampir setiap hari pula pemakai, pecandu, pengedar dan bandar Narkoba tertangkap. Tapi apakah pemakai dan pengedar ataupun bandar Narkoba berkurang atau jera. Menurut saya tidak. Malah lebih banyak lagi.
Beraneka sanksi juga telah dijatuhkan bagi pengguna, pemakai, pengedar narkoba. dari rehablitasi, hukum kurungan bertahun-tahun, bahkan hukuman mati. Namun tidak juga membuat takut para pelaku dan pemasok barang haram ini.
Berbagai cara juga telah dilakukan negara untuk menghabisi para pencandu narkoba ini. Lewat iklan layanan, membentuk satuan khusus BNN, sampai ormas, serta penyuluhan-penyuluhan diberikan kepada masyarakat dengan pesan bahwa Narkoba itu sangat berbahaya. Namun lagi-lagi zat kimia itu tidak minggat dari manusia. Malah semakin menjadi-jadi saja, dilihat dari bandar-bandar besar yang berhasil ditangkap oleh penegak hukum.
Terbukti dengan bertambahnya jumlah penyalahguna atau pecandu narkoba secara signifikan, seiring meningkatnya pengungkapan kasus tindak kejahatan narkoba yang semakin beragam polanya dan semakin massif pula jaringan sindikatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar